KASUS 1

STUDI KASUS
Amazon VS Walmart: Manakah Raksasa yang akan mendominasi E-Commerce

Sejak munculnya istilah dot-com pada tahun 1995, Amazon.com telah berkembang dari situs online kecil penjual buku menjadi salah satu perusahaan  ritel terbesar di dunia, dan dengan mudahnya menjadi pengecer e-commerce terbesar. Perusahaan telah datang jauh dari akarnya sebagai Internet start-up kecil menjual buku secara online Selain buku, Amazon sekarang menjual jutaan barang baru, bekas, dan bisa ditagih barang dalam kategori seperti pakaian dan asesoris, elektronik, komputer, alat dapur dan peralatan rumah tangga, musik, DVD, video, kamera, produk kantor, mainan dan barang bayi, komputer, perangkat lunak, layanan perjalanan, barang olahraga, perhiasan, dan jam tangan. Pada tahun 2010, penjualan barang elektronik dan barang dagangan umum terdiri sebagian besar penjualan Amazon untuk pertama kalinya.
Amazon.com ingin menjadi seperti "Walmart versi Web ", dan ini memang peritel top Internet. Tapi Pada 2010, perusahaan lain tampil serius penantang untuk judul 'Walmart of the Web': Walmart. Meskipun Walmart adalah orang yang terlambat masuk ke dunia e-commerce, peritel terbesar di dunia tampaknya memiliki pandangan di Amazon dan siap untuk melawannya karena supremasi e-tailing online.Berbeda dengan Amazon, Walmart didirikan sebagai sebuah toko fisik tradisional, off-line, pada tahun 1962, dan memiliki tumbuh dari satu toko umum yang dikelola oleh pendiri Sam Walton ke peritel terbesar di dunia dengan hampir 8.000 toko di seluruh dunia. Berbasis di Bentonville, Arkansas, Walmart membuatPenjualan $ 405 miliar tahun lalu, yaitu sekitar 20 kali sama seperti Amazon Padahal, berdasarkan ukuran saat ini sendirian, pertempuran antara Walmart dan Amazon jauh dari benturan dua raksasa yang sama kuat. Walmart jelas lebih besar dan lebih kuat dari keduanya, dan untuk saat ini, Amazon bukanlah ancaman besar Walmart secara keseluruhan.
Amazon, bagaimanapun, bukanlah target yang mudah.Perusahaan telah menciptakan yang dikenali dan sangat sukses menjadikan merek di ritel online sebagai pasar massal, harga rendah, Superstore online yang bervolume tinggi.Memiliki mengembangkan fasilitas pergudangan yang luas dan Jaringan distribusi sangat efisien secara khusus dirancang untuk belanja Web.Pengiriman premi layanan, Amazon Prime, menyediakan pengiriman dua hari gratis dengan harga terjangkau (saat ini hanya $ 79 per tahun), sering dianggap sebagai titik lemah untuk online pengecer. Bahkan tanpa Amazon Prime, ditunjuk Item Super Saver dengan jumlah minimal $ 25,00 untuk kapal bebas. Platform teknologi Amazon sangat besar dan cukup kuat untuk tidak hanya mendukung penjualannya barang sendiri tapi juga barang dari pihak ketiga dan kecil bisnis besar, yang mengintegrasikan produk mereka ke situs web Amazon dan gunakan entri pesanannya dan sistem pembayaran untuk memproses penjualan mereka sendiri.(Amazon tidak memiliki produk ini, dan pengirimannya ditangani oleh pihak ketiga, dengan Amazon mengumpulkan 10-20 persen penjualan).Ini memungkinkan Amazon menawarkan produk yang lebih luas lagi daripada yang bisa dilakukan sendiri sambil menyimpan persediaan biaya rendah dan meningkatkan pendapatan. Amazon memiliki selanjutnya memperluas pilihan produknya melalui akuisisi seperti pembelian sepatu online 2009 situs belanja Zappos.com, yang menghasilkan $ 1 miliar dalam penjualan eceran pada tahun 2008 dan memberi perusahaan tepi di alas kaki Pada kuartal III 2009, saat penjualan eceran mencelupkan 4 persen ke seluruh papan, penjualan Amazon meningkat sebesar 24 persen. Penjualan elektronik dan barang dagangan umum, yang paling menonjolwilayah persaingan antara Amazon dan Walmart,naik 44 persen. Dan e-commerce diharapkan menjadi bagian yang semakin besar dari keseluruhan ritel  penjualan. Beberapa perkiraan menunjukkan bahwa e-commerce dapat mencapai 15 sampai 20 persen dari total ritel di Indonesia Amerika Serikat dalam dekade berikutnya, seperti lebih dan lebih banyak pembeli memilih untuk tidak repot berbelanja di lokasi fisik yang mendukung belanja on line. Jika ini terjadi, Amazon berada pada posisi terbaik untuk mendapatkan manfaat.Sementara itu, e-commerce miliki tidak banyak menderita akibat resesi dan memang pulih lebih cepat daripada ritel tradisional, memberi Walmart lebih banyak beralasan.
Namun, Walmart juga membawa tangan yang kuatmeja. Ini lebih besar dan lebih dikenalimerek dari Amazon. Konsumen mengasosiasikan Walmartdengan harga terendah, yang dimiliki Walmartfleksibilitas untuk ditawarkan pada barang tertentu karenaukuran dan kemampuanuntuk menjaga biaya overhead ke aminimum. Walmart bisa kehilangan uang berjualan panasproduk dengan margin sangat rendah dan berharap untukmenghasilkan uang dengan kekuatan dalam jumlah banyakdari barang lain yang dijualnya. Ini juga memiliki legendarissistem pengisian ulang persediaan kontinyu ituBagian Ketiga Aplikasi Sistem Kunci untuk Era Digitalmulai mengembalikan barang dagangan segera setelah barangmencapai meja kasir. Efisiensi Walmart,fleksibilitas, dan kemampuan untuk menyempurnakan persediaannyamembawa apa yang diinginkan pelanggansumber daya saing yang bertahan lama.
Walmartjuga memilikikehadiran fisik yang signifikan, dengan tokodi seluruh Amerika Serikat dan di banyak negara lain,dan tokonya memberikan kepuasan instanbelanja, membeli barang, dan membawanya pulangsegera, sebagai lawan menunggu saat memesandari AmazonWalmart percaya tumit Achilles dari Amazon adalahbiaya dan keterlambatan pengiriman pembelian online kepembeli. Pelanggan yang membeli beberapa lebih dari1,5 juta produk di Walmart.com dapat dimilikimereka dikirim bebas ke Walmart setempat, dan dijemputpembelian mereka di toko ini. Pembeli internetmungkin tergoda untuk mengambil barang-barang lain begitu merekaada di dalam toko Meja servis baru di depandari beberapa toko membuatnya lebih mudah bagi pembeliambil kembali pembelian mereka Walmart di pinggiran kotaChicago sedang menguji jendela drivethrough, serupauntuk yang ditemukan di apotek dan makanan cepat sajirestoran, tempat pembeli bisa mengambilnyaPerintah internetPada akhir 2009, Walmart.com mulai secara agresif menurunkanharga pada berbagai item populer, membuatyakin dalam setiap contoh untuk melemahkan Amazon'sharga. Jenis barang Walmart didiskontermasuk buku, DVD, barang elektronik lainnya, dan mainan.Pesannya jelas: Walmart tidak akan turuntanpaperlawanan dalam e-commerce. Dan Walmart.comeksekutif Raul Vazquez menggemakan pemikiran yang sama,mengatakan bahwa Walmart akan menyesuaikan harganya "serendahkita perlu "menjadi" pemimpin dengan biaya rendah "di Web. DiDengan kata lain, kedua perusahaantersebut sekarang terkunci dalam aperang harga, dan kedua situs bertekad untuk menang.Area profil paling tinggi dimana keduanya.
Area profil paling tinggi dimana keduanyaperusahaan telah melakukan pertempuran adalah dalam penjualan buku online.Pembaca e-book Kindle dari Amazon mungkin telah memulaikonflik dengan menawarkan buku yang paling populer di e-bookformat hanya $ 9,99.Padahal banyak publishersejak menolak keras membiarkan buku mereka dijual diFormat ebook untuk harga itu, pertempuran terus berlanjutformat tradisional Beberapa rilis buku profil tinggi,seperti novel terbaru Stephen King, Under the Dome,Diilustrasikan seberapa rendah kedua perusahaan bersediapergi. Walmart menurunkan harganya untuk novel ini menjadi hanya $ 10,mengklaim bahwa itu bukan sebagai tanggapan terhadap e-book $ 9,99harga. Amazon mencocokkan harga itu segera setelahnya. DiTanggapannya, Walmart menurunkan harganya menjadi $ 9.00 beberapahari kemudian Harga sampul ritel buku ini adalah $ 35 dolar,dan harga grosir adalah sekitar $ 17. Ini berarti itukedua pengecer tersebut kehilangan setidaknya $ 7 pada setiap salinanDi bawah Dome mereka menjual dengan harga itu.Walmart melihat pemotonganharga yang besar sebagai cara untukdapatkan pangsa pasar dengan cepat saat mereka masuk onlinepasar buku pada saat e-bookpembaca dan Apple iPhones dan iPads membuatFormat ebook populer. Amazon telah menunjukkannyabahwa dalam jangka pendek lebih dari sekedar mampubersaing dengan Walmart pada harga. Seperti kasus inimenulis, Amazon telahmenaikkan harganya di bawahKubah kembali sampai $ 17. Harga Walmart tentu saja$ 16,99.Kedua situs tersebut memiliki bentrokan serupabanyak buku profil tinggi, seperti J.K. Rowling HarryPotter dan Pangeran Berdarah-Campuran dan James Patterson'sSaya, Alex Cross, yang terakhir menjual seharga $ 13.00 di Amazondan $ 12,99 di Walmart.com pada tulisan ini.Perseteruan antara kedua situs telah tumpahke jenis barang dagangan lainnya.
 Amazon danWalmart.com telah berkompetisi di atas Xbox 360konsol, rilis DVD populer, dan tiket besar lainnyaelektronik. Bahkan mainan populer seperti top abadipenjual Easy-Bake Oven telah berhasil menyusulkeributan. Dengan musim belanja liburan 2009 secara penuhayunan, Walmartmenurunkan harganya untuk mainan dari $ 28hanya $ 17. Amazon memangkas harganyamenjadi $ 18 dihari yang samaAmazon mengklaim tidak melihat pengiriman sebagaikelemahan. Menurut juru bicara AmazonCraig Berman, "Belanja di Amazon berarti Andatidakharus melawan orang banyak. Kami membawa barang-barangnyake depan pintu Anda Andatidak harus berjuang melaluilalu lintas atau mencari tempat parkir. "Apalagi Amazontelah mengambil langkah baru-baru ini untuk mempercepat waktu pengiriman.Pada bulan Oktober, ia mulai menawarkan pengiriman hari yang sama di bulan Oktobertujuh kota A.S., dengan biaya tambahan untuk pembeli.
Dengan bekerja sama dengan operator dan memperbaiki sendirisisteminternal, Amazon juga mulai menawarkan second-hari pada hari Sabtu, mencukur dua haridari beberapa perintah Dan Amazon terus berkembangPemilihan barang menjadi sama tuntasnyaWalmart. Pada bulan November 2010, Walmart mengenalkanpengiriman gratis untuk semua pesanan onlinePendiri Amazon dan CEO Jeff Bezos gemarmenggambarkan pasar ritel A.S. sebagai "ruang untukbanyak pemenang. "Akankah ini berlaku bagi Walmart danAmazon maju? Walmart tetapTak tertandingi di antara pengecer fisik tradisional,tapi apakah itu akanmenggulingkan Amazon di Web? Atau akanAmazon terus menjadi "Walmart" onlinepengecer?Sebagai alternatif, Walmart akan berakhirmemperbesar ruang pasar ritel online, membantuAmazon tumbuh dalam prosesnya?


Komentar

Posting Komentar