STUDI KASUS
Amazon
VS Walmart: Manakah Raksasa
yang akan mendominasi E-Commerce
Sejak munculnya istilah dot-com pada tahun 1995,
Amazon.com telah berkembang dari situs online kecil penjual buku menjadi salah
satu perusahaan ritel terbesar di dunia,
dan dengan mudahnya menjadi pengecer e-commerce terbesar. Perusahaan telah
datang jauh dari akarnya sebagai Internet start-up kecil menjual buku secara
online Selain buku, Amazon sekarang menjual jutaan barang baru, bekas, dan bisa
ditagih barang dalam kategori seperti pakaian dan asesoris, elektronik,
komputer, alat dapur dan peralatan rumah tangga, musik, DVD, video, kamera,
produk kantor, mainan dan barang bayi, komputer, perangkat lunak, layanan perjalanan,
barang olahraga, perhiasan, dan jam tangan. Pada tahun 2010, penjualan barang
elektronik dan barang dagangan umum terdiri sebagian besar penjualan Amazon
untuk pertama kalinya.
Amazon.com ingin menjadi seperti "Walmart versi
Web ", dan ini memang peritel top Internet. Tapi Pada 2010, perusahaan
lain tampil serius penantang untuk judul 'Walmart of the Web': Walmart.
Meskipun Walmart adalah orang yang terlambat masuk ke dunia e-commerce, peritel
terbesar di dunia tampaknya memiliki pandangan di Amazon dan siap untuk
melawannya karena supremasi e-tailing online.Berbeda dengan Amazon, Walmart
didirikan sebagai sebuah toko fisik tradisional, off-line, pada tahun 1962, dan
memiliki tumbuh dari satu toko umum yang dikelola oleh pendiri Sam Walton ke
peritel terbesar di dunia dengan hampir 8.000 toko di seluruh dunia. Berbasis
di Bentonville, Arkansas, Walmart membuatPenjualan $ 405 miliar tahun lalu,
yaitu sekitar 20 kali sama seperti Amazon Padahal, berdasarkan ukuran saat ini
sendirian, pertempuran antara Walmart dan Amazon jauh dari benturan dua raksasa
yang sama kuat. Walmart jelas lebih besar dan lebih kuat dari keduanya, dan
untuk saat ini, Amazon bukanlah ancaman besar Walmart secara keseluruhan.
Amazon, bagaimanapun, bukanlah target yang
mudah.Perusahaan telah menciptakan yang dikenali dan sangat sukses menjadikan merek
di ritel online sebagai pasar massal, harga rendah, Superstore online yang bervolume
tinggi.Memiliki mengembangkan fasilitas pergudangan yang luas dan Jaringan
distribusi sangat efisien secara khusus dirancang untuk belanja Web.Pengiriman
premi layanan, Amazon Prime, menyediakan pengiriman dua hari gratis dengan
harga terjangkau (saat ini hanya $ 79 per tahun), sering dianggap sebagai titik
lemah untuk online pengecer. Bahkan tanpa Amazon Prime, ditunjuk Item Super Saver
dengan jumlah minimal $ 25,00 untuk kapal bebas. Platform teknologi Amazon
sangat besar dan cukup kuat untuk tidak hanya mendukung penjualannya barang
sendiri tapi juga barang dari pihak ketiga dan kecil bisnis besar, yang
mengintegrasikan produk mereka ke situs web Amazon dan gunakan entri pesanannya
dan sistem pembayaran untuk memproses penjualan mereka sendiri.(Amazon tidak
memiliki produk ini, dan pengirimannya ditangani oleh pihak ketiga, dengan
Amazon mengumpulkan 10-20 persen penjualan).Ini memungkinkan Amazon menawarkan
produk yang lebih luas lagi daripada yang bisa dilakukan sendiri sambil
menyimpan persediaan biaya rendah dan meningkatkan pendapatan. Amazon memiliki
selanjutnya memperluas pilihan produknya melalui akuisisi seperti pembelian sepatu
online 2009 situs belanja Zappos.com, yang menghasilkan $ 1 miliar dalam
penjualan eceran pada tahun 2008 dan memberi perusahaan tepi di alas kaki Pada
kuartal III 2009, saat penjualan eceran mencelupkan 4 persen ke seluruh papan,
penjualan Amazon meningkat sebesar 24 persen. Penjualan elektronik dan barang
dagangan umum, yang paling menonjolwilayah persaingan antara Amazon dan
Walmart,naik 44 persen. Dan e-commerce diharapkan menjadi bagian yang semakin
besar dari keseluruhan ritel penjualan.
Beberapa perkiraan menunjukkan bahwa e-commerce dapat mencapai 15 sampai 20
persen dari total ritel di Indonesia Amerika Serikat dalam dekade berikutnya,
seperti lebih dan lebih banyak pembeli memilih untuk tidak repot berbelanja di
lokasi fisik yang mendukung belanja on line. Jika ini terjadi, Amazon berada
pada posisi terbaik untuk mendapatkan manfaat.Sementara itu, e-commerce miliki
tidak banyak menderita akibat resesi dan memang pulih lebih cepat daripada
ritel tradisional, memberi Walmart lebih banyak beralasan.
Namun,
Walmart juga membawa tangan yang kuatmeja. Ini lebih besar dan lebih
dikenalimerek dari Amazon. Konsumen mengasosiasikan Walmartdengan harga
terendah, yang dimiliki Walmartfleksibilitas untuk ditawarkan pada barang
tertentu karenaukuran dan kemampuanuntuk menjaga biaya overhead ke aminimum.
Walmart bisa kehilangan uang berjualan panasproduk dengan margin sangat rendah
dan berharap untukmenghasilkan uang dengan kekuatan dalam jumlah banyakdari
barang lain yang dijualnya. Ini juga memiliki legendarissistem pengisian ulang
persediaan kontinyu ituBagian Ketiga Aplikasi Sistem Kunci untuk Era
Digitalmulai mengembalikan barang dagangan segera setelah barangmencapai meja
kasir. Efisiensi Walmart,fleksibilitas, dan kemampuan untuk menyempurnakan
persediaannyamembawa apa yang diinginkan pelanggansumber daya saing yang
bertahan lama.
Walmartjuga
memilikikehadiran fisik yang signifikan, dengan tokodi seluruh Amerika Serikat
dan di banyak negara lain,dan tokonya memberikan kepuasan instanbelanja,
membeli barang, dan membawanya pulangsegera, sebagai lawan menunggu saat
memesandari AmazonWalmart percaya tumit Achilles dari Amazon adalahbiaya dan
keterlambatan pengiriman pembelian online kepembeli. Pelanggan yang membeli
beberapa lebih dari1,5 juta produk di Walmart.com dapat dimilikimereka dikirim
bebas ke Walmart setempat, dan dijemputpembelian mereka di toko ini. Pembeli
internetmungkin tergoda untuk mengambil barang-barang lain begitu merekaada di
dalam toko Meja servis baru di depandari beberapa toko membuatnya lebih mudah
bagi pembeliambil kembali pembelian mereka Walmart di pinggiran kotaChicago
sedang menguji jendela drivethrough, serupauntuk yang ditemukan di apotek dan
makanan cepat sajirestoran, tempat pembeli bisa mengambilnyaPerintah
internetPada akhir 2009, Walmart.com mulai secara agresif menurunkanharga pada
berbagai item populer, membuatyakin dalam setiap contoh untuk melemahkan
Amazon'sharga. Jenis barang Walmart didiskontermasuk buku, DVD, barang
elektronik lainnya, dan mainan.Pesannya jelas: Walmart tidak akan turuntanpaperlawanan
dalam e-commerce. Dan Walmart.comeksekutif Raul Vazquez menggemakan pemikiran
yang sama,mengatakan bahwa Walmart akan menyesuaikan harganya
"serendahkita perlu "menjadi" pemimpin dengan biaya rendah
"di Web. DiDengan kata lain, kedua perusahaantersebut sekarang terkunci
dalam aperang harga, dan kedua situs bertekad untuk menang.Area profil paling
tinggi dimana keduanya.
Area
profil paling tinggi dimana keduanyaperusahaan telah melakukan pertempuran
adalah dalam penjualan buku online.Pembaca e-book Kindle dari Amazon mungkin
telah memulaikonflik dengan menawarkan buku yang paling populer di e-bookformat
hanya $ 9,99.Padahal banyak publishersejak menolak keras membiarkan buku mereka
dijual diFormat ebook untuk harga itu, pertempuran terus berlanjutformat
tradisional Beberapa rilis buku profil tinggi,seperti novel terbaru Stephen
King, Under the Dome,Diilustrasikan seberapa rendah kedua perusahaan
bersediapergi. Walmart menurunkan harganya untuk novel ini menjadi hanya $ 10,mengklaim
bahwa itu bukan sebagai tanggapan terhadap e-book $ 9,99harga. Amazon
mencocokkan harga itu segera setelahnya. DiTanggapannya, Walmart menurunkan
harganya menjadi $ 9.00 beberapahari kemudian Harga sampul ritel buku ini
adalah $ 35 dolar,dan harga grosir adalah sekitar $ 17. Ini berarti itukedua
pengecer tersebut kehilangan setidaknya $ 7 pada setiap salinanDi bawah Dome
mereka menjual dengan harga itu.Walmart melihat pemotonganharga yang besar
sebagai cara untukdapatkan pangsa pasar dengan cepat saat mereka masuk
onlinepasar buku pada saat e-bookpembaca dan Apple iPhones dan iPads
membuatFormat ebook populer. Amazon telah menunjukkannyabahwa dalam jangka
pendek lebih dari sekedar mampubersaing dengan Walmart pada harga. Seperti
kasus inimenulis, Amazon telahmenaikkan harganya di bawahKubah kembali sampai $
17. Harga Walmart tentu saja$ 16,99.Kedua situs tersebut memiliki bentrokan
serupabanyak buku profil tinggi, seperti J.K. Rowling HarryPotter dan Pangeran
Berdarah-Campuran dan James Patterson'sSaya, Alex Cross, yang terakhir menjual
seharga $ 13.00 di Amazondan $ 12,99 di Walmart.com pada tulisan
ini.Perseteruan antara kedua situs telah tumpahke jenis barang dagangan
lainnya.
Amazon danWalmart.com telah berkompetisi di
atas Xbox 360konsol, rilis DVD populer, dan tiket besar lainnyaelektronik.
Bahkan mainan populer seperti top abadipenjual Easy-Bake Oven telah berhasil
menyusulkeributan. Dengan musim belanja liburan 2009 secara penuhayunan,
Walmartmenurunkan harganya untuk mainan dari $ 28hanya $ 17. Amazon memangkas
harganyamenjadi $ 18 dihari yang samaAmazon mengklaim tidak melihat pengiriman
sebagaikelemahan. Menurut juru bicara AmazonCraig Berman, "Belanja di
Amazon berarti Andatidakharus melawan orang banyak. Kami membawa
barang-barangnyake depan pintu Anda Andatidak harus berjuang melaluilalu lintas
atau mencari tempat parkir. "Apalagi Amazontelah mengambil langkah
baru-baru ini untuk mempercepat waktu pengiriman.Pada bulan Oktober, ia mulai
menawarkan pengiriman hari yang sama di bulan Oktobertujuh kota A.S., dengan
biaya tambahan untuk pembeli.
Dengan
bekerja sama dengan operator dan memperbaiki sendirisisteminternal, Amazon juga
mulai menawarkan second-hari pada hari Sabtu, mencukur dua haridari beberapa
perintah Dan Amazon terus berkembangPemilihan barang menjadi sama
tuntasnyaWalmart. Pada bulan November 2010, Walmart mengenalkanpengiriman
gratis untuk semua pesanan onlinePendiri Amazon dan CEO Jeff Bezos
gemarmenggambarkan pasar ritel A.S. sebagai "ruang untukbanyak pemenang.
"Akankah ini berlaku bagi Walmart danAmazon maju? Walmart tetapTak
tertandingi di antara pengecer fisik tradisional,tapi apakah itu akanmenggulingkan
Amazon di Web? Atau akanAmazon terus menjadi "Walmart"
onlinepengecer?Sebagai alternatif, Walmart akan berakhirmemperbesar ruang pasar
ritel online, membantuAmazon tumbuh dalam prosesnya?
ok
BalasHapus