SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

STUDY KASUS
KOLABORASI DAN INOVASI DI P & G

lihat di lemari obatmu Tidak pentingdi mana Anda tinggal di dunia, kemungkinan besar adalah ituAnda akan menemukan banyak produk Procter & Gambleyang kamu pakai setiap hari P & G adalah yang terbesarprodusen produk konsumen di dunia,dan salah satu dari 10 perusahaan besar di duniadengan kapitalisasi pasar. Perusahaan ini dikenalmerek yang sukses, serta kemampuannya untuk berkembangmerek baru dan mempertahankan popularitas mereknya denganinovasi bisnis yang unik.Populer P & G merektermasuk Pampers, Tide, Bounty, Folgers, Pringles,Charmin, Swiffer, Crest, dan masih banyak lagi.Perusahaan ini memiliki sekitar 140.000 karyawan di lebihdari 80 negara, dan pesaing utamanya adalahUnilever yang berbasis di Inggris. Didirikan pada tahun 1837 dan berkantor pusat di Cincinnati, Ohio, P & G telah menjadi andalan dalam lanskap bisnis Amerika untuk selamanya.lebih dari 150 tahun Pada tahun 2009, pendapatannya mencapai $ 79 miliardan memperoleh keuntungan $ 13,2 miliar.Operasi bisnis P & G terbagi menjadi tigaunit utama: Perawatan Kecantikan, Perawatan Rumah Tangga, danKesehatan dan Kesejahteraan, masing-masing lebih jauhdibagi lagi menjadi unit yang lebih spesifik. Dalam masing-masingdivisi, P & G memiliki tiga fokus utama sebagai bisnis.Perlu untuk menjaga popularitas yang adamerek, melalui iklan dan pemasaran; itu harus diperluasmereknya untuk produk terkait dengan pengembangan baruproduk di bawah merek tersebut; dan itu harus berinovasidan membuat merek baru seluruhnya dari awal.Karena begitu banyak bisnis P & G dibangun di sekitarpembuatan dan pengelolaan merek, sangat penting bagiperusahaan memfasilitasi kerjasama antarapeneliti, pemasar, dan manajer.Dan karenaP & G adalah perusahaan yang begitu besar, dan membuat begitu luasArray produk, mencapai tujuan ini adalah sesuatu yang menakutkantugas.P & G menghabiskan 3,4 persen pendapatan untuk inovasi,yang lebih dari dua kali rata-rata industri 1,6persen. Tim penelitian dan pengembangannya terdiridari 8.000 ilmuwan tersebar di 30 lokasi di seluruh dunia.Meskipun perusahaan memiliki tingkat "hit" 80 persenIde yang mengarah pada produk, membuat benar-benar inovatifdan terobosan produk baru sangat sulitbidang yang sangat kompetitif seperti produk konsumen. Terlebih lagi, kreativitas perusahaan besarseperti P & G telah mengalami penurunan, dengan perusahaan barang konsumsi teratas hanya mencatat 5 persen paten yang diajukan pada produk perawatan di rumahawal 2000anMenemukan cara yang lebih baik untuk berinovasi dan mengembangkan yang baruIde sangat penting di pasar seperti konsumenbarang, dan untuk perusahaan manapun sebesar P & G, temukanmetode kolaborasi yang efektif di seluruhperusahaan bisa sulit Itu sebabnya P & G telah melakukannyaaktif dalam menerapkan sistem informasi yang mendorong kolaborasi dan inovasi yang efektif. Sosialjaringan dan alat kolaborasi yang dipopulerkan olehWeb 2.0 sangat menarik bagi manajemen P & G, dimulai dari puncak dengan mantan CEO A.G.Lafley.Lafley digantikan oleh Robert McDonald di2010, namun telah menjadi kekuatan utama dalam merevitalisasiperusahaan.Ketika Lafley menjadi CEO P & G pada tahun 2000, diasegera menegaskan bahwa pada akhir dekade ini,perusahaan akan menghasilkan setengah dari produk barunyaIde menggunakan sumber dari luar perusahaan, keduanyasebagai cara untuk mengembangkan inovasi yang inovatiflebih cepat dan mengurangi biaya penelitian dan pengembangan. Pada saat itu, proklamasi Lafley adalahdianggap visioner, namun dalam 10 tahun terakhir,P & G telah memenuhi janjinya.Urutan pertama bisnis untuk P & G akan dikembangkanalternatif untuk praktik bisnis yang tidak cukup kolaboratif. Pelakunya terbesar, kata JoeSchueller, Manajer Inovasi untuk P & G's GlobalDivisi Business Services, mungkin tidak mungkinsatu: e-mail Meskipun seolah-olah alat komunikasi, e-mail bukanlah cara yang cukup kolaboratifuntuk berbagi informasi; pengirim mengendalikan arusinformasi, namun mungkin gagal mengirim email ke rekan kerjasiapa yang paling butuh melihatnya, dan rekan yang tidakPerlu melihat e-mail tertentu akan menerima surat panjangsetelah mereka kehilangan minat. Blog dan alat kolaborasi lainnya, di sisi lain, terbuka untuk siapa sajatertarik pada konten mereka, dan menarik komentardari pengguna yang berminatNamun, membuat karyawan P & G benar-benar menggunakannyaProduk baru ini menggantikan e-mail adalah aberjuang untuk Schueller Karyawan telah menolakperubahan, bersikeras bahwa alat kolaborasi yang lebih barumewakili lebih banyak pekerjaan di atas e-mail, sebagai lawan darialternatif yang lebih baik Orang terbiasa dengan e-mail,dan ada inersia organisasi yang signifikan melawanberalih ke cara baru dalam melakukan sesuatu. Beberapa P & GProses untuk berbagi pengetahuan sangat terkenaltidak efisien Misalnya, beberapa peneliti biasatulis eksperimen mereka menggunakan Microsoft Officeaplikasi, lalu cetak dan lemkan halamannyadari halaman ke dalam buku catatan. P & G bertekad untuk melakukannyamenerapkan metode yang lebih efisien dan kolaboratifkomunikasi untuk menggantikan beberapa proses usang ini.Untuk itu, P & G meluncurkan perombakan totalnyasistem kolaborasi, dipimpin oleh suite Microsoftproduk. Layanan yang diberikan mencakup komunikasi terpadu (yang mengintegrasikan layanan untuk suaratransmisi, transmisi data, pesan instan,e-mail, dan konferensi elektronik), Microsoft LiveFungsionalitas Communications Server, konferensi Web dengan Live Meeting, dan manajemen kontendengan SharePoint Menurut P & G, lebih dari 80.000karyawan menggunakan pesan instan, dan 20.000 penggunaanMicrosoft Outlook, yang menyediakan alat untuk e-mail,kalender, manajemen tugas, manajemen kontak, catatan, dan penjelajahan web. Outlook bekerjadengan dukungan Microsoft Office SharePoint Serverbeberapa pengguna dengan kotak surat bersama dan kalender,Daftar SharePoint, dan jadwal pertemuan.Kehadiran alat ini menunjukkan pendekatan kolaboratif terus berlanjut. Periset menggunakanalat untuk berbagi data yang mereka kumpulkan di berbagai merek; pemasar bisa lebih efektif mengaksesnyadata yang mereka butuhkan untuk membuat iklan yang lebih bertarget tinggikampanye; dan manajer lebih mudah biastemukan orang dan data yang mereka butuhkan untuk membuat kritiskeputusan bisnisPerusahaan seperti P & G menemukan satu vendor itucukup tidak cukup untuk memuaskan kebutuhan mereka yang beragam.Itu mengenalkan tantangan baru: mengelola informasi dan aplikasi di berbagai platform.Misalnya, P & G menemukan bahwa pencarian Google itutidak memadai karena tidak selalu menghubungkan informasi dari dalam perusahaan, dan ketergantungannya padakata kunci untuk pencariannya tidak ideal untuk semua topik yang mungkin dicari oleh para pencari. P & G memutuskanuntuk menerapkan produk pencarian baru dari start upConnectbeam, yang memungkinkan karyawan untuk berbagibookmark dan konten tag dengan kata-kata deskriptifyang muncul dalam pencarian di masa depan, dan memfasilitasi socialjaringan rekan kerja untuk membantu mereka menemukan dan berbagiinformasi lebih efektifHasil dari inisiatif tersebut segera dilakukan.Misalnya, ketika eksekutif P & G melakukan perjalanan untuk bertemudengan manajer daerah, tidak ada cara untuk mengintegrasikan semua laporan dan diskusi ke dalam satu dokumen. Seorang eksekutif merekatkan hasil eksperimen ke dalam dokumen Word dan meneruskannya ke halamankonferensi. Pelaksana lain secara manual masukdata dan ceramahnya menjadi slide PowerPoint, dan kemudiane-mail file ke rekan-rekannya. Salah satu hasilnya adalahbahwa file yang sama berakhir dalam jumlah yang tak terhitung jumlahnyakotak surat Sekarang, departemen TI P & G bisa membuat aHalaman Microsoft SharePoint tempat eksekutif itu biasposting semua presentasinya Menggunakan SharePoint,Presentasi disimpan di satu lokasi, namun adamasih bisa diakses oleh karyawan dan rekan kerja di tempat lainbagian perusahaan. Alat kolaborasi lainnya,InnovationNet, berisi lebih dari 5 juta dokumen yang berhubungan dengan penelitian dalam format digital yang dapat diakses melalui aportal berbasis browser Itu jauh dari eksperimen yang terpaku pada buku catatan.Satu perhatian yang dimiliki P & G saat menerapkan inialat kolaboratif adalah bahwa jika cukup banyak karyawan yang tidak menggunakannya, alatnya akan jauh lebih bergunamereka yang menggunakannya. Alat kolaborasi sepertibisnis dan jaringan sosial-semakin banyak orang terhubung ke jaringan, semakin besar nilainya bagi semua peserta.Alat kolaboratif tumbuh dalam kegunaan sebagaisemakin banyak pekerja menyumbangkan informasi merekadan wawasan.Mereka juga memungkinkan karyawan lebih cepatakses ke para ahli di dalam perusahaan yang adadibutuhkan informasi dan pengetahuan. Tapi manfaat ini bergantung pada bagian terbesar perusahaankaryawan menggunakan alatInovasi utama lainnya untuk P & G adalah penerapan konferensi Cisco TelePresence yang sangat besarkamar di banyak lokasi di seluruh dunia. Bagi perusahaan sebesar P & G, telepresence sangat baguscara untuk mendorong kolaborasi antar karyawanbukan hanya di negara-negara, tapi benua. Di masa lalu,Teknologi telepresence sangat mahal dan terlalu rentan terhadap kerusakan.Hari ini,teknologi memungkinkan untuk memegang high-definitionpertemuan jarak jauh.P & G membanggakan duniapeluncuran terbesar teknologi Cisco TelePresence.Tantangan terbesar P & G dalam mengadopsi teknologinya adalah untuk memastikan bahwa studio dibangun dengan spesifikasi khusus di masing-masing geografis.beragam lokasi tempat mereka dipasang. CiscoSelesaikan ini, dan sekarang perkiraan P & G bahwa 35Persentase karyawannya menggunakan telepresence secara teratur.Di beberapa lokasi, pemakaiannya setinggi 70 persen.Manfaat telepresence termasuk perjalanan yang signifikanpenghematan, aliran ide yang lebih efisien, dan lebih cepatpengambilan keputusan Keputusan yang pernah memakan waktu berhari-hari sekarangambil beberapa menitLaurie Heltsley, direktur Glo P & GSistem definisi tinggi ini digunakan empat kali sebagaiSeringkali sebagai versi sistem videoconference awal perusahaan.Sumber: Joe Sharkey, "Kemunduran di Udara Tambahkan ke Dimensi VirtualRapat, "The New York Times,26 April 2010; Matt Hamblen,"Perusahaan Gunakan Alat Kolaborasi untuk Memukul IP-Worker TertinggiIde, "Computerworld, 2 September 2009; "ComputerworldProgram Honours: P & G ", 2008; www.pg.com, diakses 18 Mei,2010; "Procter & Gamble Revolutionizes Collaboration with CiscoTelePresence, "www.cisco.com, diakses 18 Mei 2010; "Peran ITdalam Kolaborasi di Procter & Gamble, "Information Week, February1, 2007.


Komentar

Posting Komentar