STUDY KASUS
KOLABORASI DAN INOVASI DI P & G
lihat
di lemari obatmu Tidak pentingdi mana Anda tinggal di dunia, kemungkinan besar
adalah ituAnda akan menemukan banyak produk Procter & Gambleyang kamu pakai
setiap hari P & G adalah yang terbesarprodusen produk konsumen di dunia,dan
salah satu dari 10 perusahaan besar di duniadengan kapitalisasi pasar.
Perusahaan ini dikenalmerek yang sukses, serta kemampuannya untuk
berkembangmerek baru dan mempertahankan popularitas mereknya denganinovasi
bisnis yang unik.Populer P & G merektermasuk Pampers, Tide, Bounty,
Folgers, Pringles,Charmin, Swiffer, Crest, dan masih banyak lagi.Perusahaan ini
memiliki sekitar 140.000 karyawan di lebihdari 80 negara, dan pesaing utamanya
adalahUnilever yang berbasis di Inggris. Didirikan pada tahun 1837 dan
berkantor pusat di Cincinnati, Ohio, P & G telah menjadi andalan dalam
lanskap bisnis Amerika untuk selamanya.lebih dari 150 tahun Pada tahun 2009,
pendapatannya mencapai $ 79 miliardan memperoleh keuntungan $ 13,2
miliar.Operasi bisnis P & G terbagi menjadi tigaunit utama: Perawatan
Kecantikan, Perawatan Rumah Tangga, danKesehatan dan Kesejahteraan,
masing-masing lebih jauhdibagi lagi menjadi unit yang lebih spesifik. Dalam
masing-masingdivisi, P & G memiliki tiga fokus utama sebagai bisnis.Perlu
untuk menjaga popularitas yang adamerek, melalui iklan dan pemasaran; itu harus
diperluasmereknya untuk produk terkait dengan pengembangan baruproduk di bawah
merek tersebut; dan itu harus berinovasidan membuat merek baru seluruhnya dari
awal.Karena begitu banyak bisnis P & G dibangun di sekitarpembuatan dan
pengelolaan merek, sangat penting bagiperusahaan memfasilitasi kerjasama
antarapeneliti, pemasar, dan manajer.Dan karenaP & G adalah perusahaan yang
begitu besar, dan membuat begitu luasArray produk, mencapai tujuan ini adalah
sesuatu yang menakutkantugas.P & G menghabiskan 3,4 persen pendapatan untuk
inovasi,yang lebih dari dua kali rata-rata industri 1,6persen. Tim penelitian
dan pengembangannya terdiridari 8.000 ilmuwan tersebar di 30 lokasi di seluruh
dunia.Meskipun perusahaan memiliki tingkat "hit" 80 persenIde yang
mengarah pada produk, membuat benar-benar inovatifdan terobosan produk baru
sangat sulitbidang yang sangat kompetitif seperti produk konsumen. Terlebih
lagi, kreativitas perusahaan besarseperti P & G telah mengalami penurunan,
dengan perusahaan barang konsumsi teratas hanya mencatat 5 persen paten yang
diajukan pada produk perawatan di rumahawal 2000anMenemukan cara yang lebih
baik untuk berinovasi dan mengembangkan yang baruIde sangat penting di pasar
seperti konsumenbarang, dan untuk perusahaan manapun sebesar P & G,
temukanmetode kolaborasi yang efektif di seluruhperusahaan bisa sulit Itu
sebabnya P & G telah melakukannyaaktif dalam menerapkan sistem informasi
yang mendorong kolaborasi dan inovasi yang efektif. Sosialjaringan dan alat
kolaborasi yang dipopulerkan olehWeb 2.0 sangat menarik bagi manajemen P &
G, dimulai dari puncak dengan mantan CEO A.G.Lafley.Lafley digantikan oleh
Robert McDonald di2010, namun telah menjadi kekuatan utama dalam
merevitalisasiperusahaan.Ketika Lafley menjadi CEO P & G pada tahun 2000,
diasegera menegaskan bahwa pada akhir dekade ini,perusahaan akan menghasilkan
setengah dari produk barunyaIde menggunakan sumber dari luar perusahaan,
keduanyasebagai cara untuk mengembangkan inovasi yang inovatiflebih cepat dan
mengurangi biaya penelitian dan pengembangan. Pada saat itu, proklamasi Lafley
adalahdianggap visioner, namun dalam 10 tahun terakhir,P & G telah memenuhi
janjinya.Urutan pertama bisnis untuk P & G akan dikembangkanalternatif
untuk praktik bisnis yang tidak cukup kolaboratif. Pelakunya terbesar, kata
JoeSchueller, Manajer Inovasi untuk P & G's GlobalDivisi Business Services,
mungkin tidak mungkinsatu: e-mail Meskipun seolah-olah alat komunikasi, e-mail
bukanlah cara yang cukup kolaboratifuntuk berbagi informasi; pengirim
mengendalikan arusinformasi, namun mungkin gagal mengirim email ke rekan
kerjasiapa yang paling butuh melihatnya, dan rekan yang tidakPerlu melihat e-mail
tertentu akan menerima surat panjangsetelah mereka kehilangan minat. Blog dan
alat kolaborasi lainnya, di sisi lain, terbuka untuk siapa sajatertarik pada
konten mereka, dan menarik komentardari pengguna yang berminatNamun, membuat
karyawan P & G benar-benar menggunakannyaProduk baru ini menggantikan
e-mail adalah aberjuang untuk Schueller Karyawan telah menolakperubahan,
bersikeras bahwa alat kolaborasi yang lebih barumewakili lebih banyak pekerjaan
di atas e-mail, sebagai lawan darialternatif yang lebih baik Orang terbiasa
dengan e-mail,dan ada inersia organisasi yang signifikan melawanberalih ke cara
baru dalam melakukan sesuatu. Beberapa P & GProses untuk berbagi
pengetahuan sangat terkenaltidak efisien Misalnya, beberapa peneliti biasatulis
eksperimen mereka menggunakan Microsoft Officeaplikasi, lalu cetak dan lemkan
halamannyadari halaman ke dalam buku catatan. P & G bertekad untuk
melakukannyamenerapkan metode yang lebih efisien dan kolaboratifkomunikasi
untuk menggantikan beberapa proses usang ini.Untuk itu, P & G meluncurkan
perombakan totalnyasistem kolaborasi, dipimpin oleh suite Microsoftproduk.
Layanan yang diberikan mencakup komunikasi terpadu (yang mengintegrasikan
layanan untuk suaratransmisi, transmisi data, pesan instan,e-mail, dan konferensi
elektronik), Microsoft LiveFungsionalitas Communications Server, konferensi Web
dengan Live Meeting, dan manajemen kontendengan SharePoint Menurut P & G,
lebih dari 80.000karyawan menggunakan pesan instan, dan 20.000
penggunaanMicrosoft Outlook, yang menyediakan alat untuk e-mail,kalender,
manajemen tugas, manajemen kontak, catatan, dan penjelajahan web. Outlook
bekerjadengan dukungan Microsoft Office SharePoint Serverbeberapa pengguna
dengan kotak surat bersama dan kalender,Daftar SharePoint, dan jadwal
pertemuan.Kehadiran alat ini menunjukkan pendekatan kolaboratif terus
berlanjut. Periset menggunakanalat untuk berbagi data yang mereka kumpulkan di
berbagai merek; pemasar bisa lebih efektif mengaksesnyadata yang mereka
butuhkan untuk membuat iklan yang lebih bertarget tinggikampanye; dan manajer
lebih mudah biastemukan orang dan data yang mereka butuhkan untuk membuat
kritiskeputusan bisnisPerusahaan seperti P & G menemukan satu vendor
itucukup tidak cukup untuk memuaskan kebutuhan mereka yang beragam.Itu
mengenalkan tantangan baru: mengelola informasi dan aplikasi di berbagai
platform.Misalnya, P & G menemukan bahwa pencarian Google itutidak memadai
karena tidak selalu menghubungkan informasi dari dalam perusahaan, dan
ketergantungannya padakata kunci untuk pencariannya tidak ideal untuk semua
topik yang mungkin dicari oleh para pencari. P & G memutuskanuntuk
menerapkan produk pencarian baru dari start upConnectbeam, yang memungkinkan
karyawan untuk berbagibookmark dan konten tag dengan kata-kata deskriptifyang
muncul dalam pencarian di masa depan, dan memfasilitasi socialjaringan rekan
kerja untuk membantu mereka menemukan dan berbagiinformasi lebih efektifHasil
dari inisiatif tersebut segera dilakukan.Misalnya, ketika eksekutif P & G
melakukan perjalanan untuk bertemudengan manajer daerah, tidak ada cara untuk
mengintegrasikan semua laporan dan diskusi ke dalam satu dokumen. Seorang
eksekutif merekatkan hasil eksperimen ke dalam dokumen Word dan meneruskannya
ke halamankonferensi. Pelaksana lain secara manual masukdata dan ceramahnya
menjadi slide PowerPoint, dan kemudiane-mail file ke rekan-rekannya. Salah satu
hasilnya adalahbahwa file yang sama berakhir dalam jumlah yang tak terhitung
jumlahnyakotak surat Sekarang, departemen TI P & G bisa membuat aHalaman
Microsoft SharePoint tempat eksekutif itu biasposting semua presentasinya
Menggunakan SharePoint,Presentasi disimpan di satu lokasi, namun adamasih bisa
diakses oleh karyawan dan rekan kerja di tempat lainbagian perusahaan. Alat
kolaborasi lainnya,InnovationNet, berisi lebih dari 5 juta dokumen yang
berhubungan dengan penelitian dalam format digital yang dapat diakses melalui
aportal berbasis browser Itu jauh dari eksperimen yang terpaku pada buku
catatan.Satu perhatian yang dimiliki P & G saat menerapkan inialat
kolaboratif adalah bahwa jika cukup banyak karyawan yang tidak menggunakannya,
alatnya akan jauh lebih bergunamereka yang menggunakannya. Alat kolaborasi
sepertibisnis dan jaringan sosial-semakin banyak orang terhubung ke jaringan,
semakin besar nilainya bagi semua peserta.Alat kolaboratif tumbuh dalam
kegunaan sebagaisemakin banyak pekerja menyumbangkan informasi merekadan
wawasan.Mereka juga memungkinkan karyawan lebih cepatakses ke para ahli di
dalam perusahaan yang adadibutuhkan informasi dan pengetahuan. Tapi manfaat ini
bergantung pada bagian terbesar perusahaankaryawan menggunakan alatInovasi
utama lainnya untuk P & G adalah penerapan konferensi Cisco TelePresence
yang sangat besarkamar di banyak lokasi di seluruh dunia. Bagi perusahaan sebesar
P & G, telepresence sangat baguscara untuk mendorong kolaborasi antar
karyawanbukan hanya di negara-negara, tapi benua. Di masa lalu,Teknologi
telepresence sangat mahal dan terlalu rentan terhadap kerusakan.Hari
ini,teknologi memungkinkan untuk memegang high-definitionpertemuan jarak jauh.P
& G membanggakan duniapeluncuran terbesar teknologi Cisco
TelePresence.Tantangan terbesar P & G dalam mengadopsi teknologinya adalah
untuk memastikan bahwa studio dibangun dengan spesifikasi khusus di masing-masing
geografis.beragam lokasi tempat mereka dipasang. CiscoSelesaikan ini, dan
sekarang perkiraan P & G bahwa 35Persentase karyawannya menggunakan
telepresence secara teratur.Di beberapa lokasi, pemakaiannya setinggi 70
persen.Manfaat telepresence termasuk perjalanan yang signifikanpenghematan,
aliran ide yang lebih efisien, dan lebih cepatpengambilan keputusan Keputusan
yang pernah memakan waktu berhari-hari sekarangambil beberapa menitLaurie
Heltsley, direktur Glo P & GSistem definisi tinggi ini digunakan empat kali
sebagaiSeringkali sebagai versi sistem videoconference awal perusahaan.Sumber:
Joe Sharkey, "Kemunduran di Udara Tambahkan ke Dimensi VirtualRapat,
"The New York Times,26 April 2010; Matt Hamblen,"Perusahaan Gunakan
Alat Kolaborasi untuk Memukul IP-Worker TertinggiIde, "Computerworld, 2
September 2009; "ComputerworldProgram Honours: P & G ", 2008;
www.pg.com, diakses 18 Mei,2010; "Procter & Gamble Revolutionizes
Collaboration with CiscoTelePresence, "www.cisco.com, diakses 18 Mei 2010;
"Peran ITdalam Kolaborasi di Procter & Gamble, "Information Week,
February1, 2007.
ok
BalasHapus