SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

BAB 9
DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
PENDAHULUAN
Walau komputer sekarang sangat berbeda dengan model awalnya, semua nkomputer mencerminkan arsitektur dasar yang sama. Diagram yang menggambarkan arsitektur ini disebut skema komputer (computer schematic). Penyimpanan komputer (computer storage) ada dalam dua bentuk dasar, primer dan sekunder. Penyimpanan primer menggunakan teknologi intergrate circuit untuk menyediakan random acces memory (RAM), read only memory (ROM) dan cache memory. Keyboard adalah unit input komputer yang paling populer dan efisiennya telah di tingkatkan dengan alat penunjuk (pointing device). Namun mkontribusi yang lebih besar untuk mengurangi antrian input telah dibuat dengan otomatisasi data sumber. Input suara (voice input) yang sebelumnya dipandang sebagai solusi potensial atas masalah input, ternyata tidak sesuai harapan. Para pemakai menyukai output yang ditampilkan, tetapi dokumen tercetak dapat di buat oleh beragam printer dan plotter. Output yang lebih khusus tersedia dalam bentuk respon audio dan microform. Perangkat lunak dapat dibagai menjadi dua kategori utama, sistem dan aplikasi. Perangkat lunak sistem meliputi sistem operasi, program utility dan penerjemahan. Perangkat lunak aplikasi dapat dibuat oleh spesialis informasi perusahaan atau dibeli dalam bentuk jadi dari pemasok perangkat lunak. Perangkat lunak jadi (prewritten software) ada dalam empat jenis utama bisnis umum, khusus industri, produktivitas organisasional dan produktivitas personal. Satu alasan kepopuleran end-user computing adalah banyak perangkat lunak aplikasi yang memudahkan pemakai (user friendly). Kemudahan bagi pemakai ini dicapai melalui teknik-teknik seperti dialog terpadandu (guided dialogue) penejlasan sesuai konteks (context sensitive help)  dan interface grafis bagi pemakai (graphical user interface). Akurasi pemrosesan komputer sangat tergantung pada kualitas data input kesalahan input dapat dikurangi tetapi tidak dapat dihilangkan seluruhnya dengan menyatukan pencegahan, pendeteksian, dan perbaikan kesalahan kedalam rancxangan sistem.
KOMPUTER SEBAGAI ELEMEN DALAM SISTEM INFORMASI.
            Komputer ada dalam berbagai ukuran. Komputer besar di sebut mainframe dan telah ada sejak awal. Mainframe adalah tulang punggung pengolahan data di organisasi besar seperti pemerintahan dan perusahaan-perusahaan fortune 500. Mainframe yang lebih besar dan penuh daya adalah supercomputer. Supercomputer begitu penuh daya sehingga hanya berada di organisasi-organisasi paling besar dan terutama digunakan untuk perhitungan ilmiah. Namun trend akhir-akhir iini mengarah ke komputer yang lebvih kecil yaitu komputer mini (minicomputer) atau mini. Komputer ini lebih kecil dari mainframe tetapi dalam banyak hal melampaui kinerja unit yang lebih besar. Contohnya minicomputer yang baik adalah IBM AS/400. Mini diterima begitu baik sehingga pembuat komputer memproduksi rancangan yang lebih kecil yang disebut komputer mikro (mikcrocomputer) atau mikro. Sebagian besar sirkuit utama kompuiter mikro berbentuk silicon intergrated circuit chip,  yang lebih kecil dari kuku. Chip ini disebut microprocessor. Small business computer dan komputer personal –PC. Small business computer adalah komputer mini atau mikro multiuser yang biasa terdapat di perusahaan kecil, yang memberikan dukungan perhitungan bagi seluruh perusahaan. Komputer personal (PC) adalah mikro yang digunakan oleh satu orang atau mungkin sedikit orang yang bekerja pada area yang sama. Kemudian ada pula komputer laptop, notebook dan palmtop. Ini merupakan PC yang lebih kecil yang bertenaga baterai. Berat laptop sekitar empat kilogram dan notebook sekitar dua hingga tida kilogram. Palmtop bahkan lebih ringan yang terberat sekitar 1,5 kilogram. Komputer yang lebih kecil lagi adalah pen computer yang dinamai demikian karena kemampuannya menerima input yang ditulis pada layarnya dengan pena khusus.
ARSITEKTUR KOMPUTER
            Unit yang paling penting adalah central procesing unit (CPU) yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain dan mengubah input menjadi output. CPU mencakup satu unit penyimpanan yang disebut penyimpanan primer (primary storage) biasanya disebut main memory. Primary storage berisi data yang sedang di olah dan program yaitu suatu daftar instruksi yang mengolah data. Istilah perangkat lunak (software) digunakan untuk menggambarkan satu atau beberapa. Unit pengendali (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem dan aritmethic and logic unit (ALU) adalah tempat berlangsungnya operasi perhitungan dan logika. Nama processor  digunakan untuk menggambarkan control unit  dan ALU yang mengolah isi penyimpanan primer. Satu atau beberapa unit input  memasukan data kedalam penyimpanan primer. Karena penyimpanan primer terbatas kapasitasnya, di perlukan suatu area penyimpanan tambahan, yang disebut penyimpanan sekunder. Penyimpanan sekunder (secondary storage) menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan. Program yang disimpan disebut koleksi perangkat lunak (software library) dan data yang di simpan disebut database. Hasil pengolahan tersebut dicatat oleh unit output.
PENYIMPANAN PRIMER
Komputer pertama menggunakan magnetic drum dan magnetic core untuk penyimpanan primer. Core ini merupakan potongan-potongan material program kecil berbentuk donat seukuran kepala jarum yang mudah di magnet. Kawat-kawat yang membentang melalui core mengubah medan magnet dan menentukan status magnetnya. Sejak tahun 1964 penyimpanan yang terbuat dari intergrated circuit mulai menggantikan drum dan core.
Bit dan Byte
Istilah kilobyte atau KB digunakan untuk menggambarkan 1000 byte. Sebenarnya karena cara pembuatan intergrated circuit  satu kilobyte adalaha 1.024 byte. Demikian pula satu megabyte atau MB bukanlah 1 juta byte tetapi 1.024 kali 1.024 atau 1.048.576 byte.
Berbagai bentuk penyimpanan primer
Beberapa bentuk penyimpanan primer antara lain sebagai berikut :
1.      Random Acces Memory (RAM)
2.      Read Only Memory (ROM)
3.      Cache Memory
EROGONIKA PENGGUNAAN KOMPUTER
Ergomonika adalah penelitian mengenai pengaruh fisik dan perilaku dari objek-objek seperti komputer dan peralatan kantor terhadap pemakainnya. Istilah human engineering dan pertimbangan faktor manusia (human factor consideration) sangat cocok jika berkaitan dengan penggunaan komputer. Ergonomika dapat mempengaruhi setiap orang yang bekerja dengan komputer dalam kapasitas apapun, tetapi perhatian utama fokus pada orang-orang yang menggunakan peralatan input dan output.
UNIT INPUT
Keyboard
Unit input yang paling populer adalah keyboard dari suatu terminal atau komputer mikro. Keyboard memungkinkan anda memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat. Miri mesin tik, sebagian besar keyboard komputer di lengkapi sejumlah tombol tambahan.
Alat Penunjuk
            Banyak perangkat lunak modern yang dirancang untuk memanfaatkan alat penunjuk (pointing device) alat sebagai ini meliputi :
1.      Mouse
2.      Trackball
3.      Touch system
4.      Light pen
5.      Remote control
Alat input otomatis data sumber
            Walau inpu komputer dapat dilaksanakan cukup cepat oleh operator berpengalaman dengan menggunakan keyboard dan alat penunjuk, kecepatannya lebih lambat daripada kecepatan komputer. Kecepatan input manusia di ukur dalam jumlah karakter perdetik atau kata permenit, sementara kecepatan pemrosesan internal komputer diukur dalam jutaan instruksi perdetik (million of instruction per second-MIPS). Terdapat dua teknologi dasar yaitu :
1.      Alat pembaca optis : alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang diatas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada suatu matriks sel-sel photoelectric. Pendekatan input komputer ini disebut OCR (optical character recognition)
2.      Alat pembaca magnetis : bentuk otomatisasi data pertama yang berhasil adalah magnetic ink charaacter recognition (MICR) yang di perkenalkan pada akhir 1950-an oleh Amerika Banking Association. ABA memerintahkan agarkrakter-karakter khusus dicetak di bagian bawah dengan menggunakan tinta khusus. Tinta khusus tersebut berisi zat yang dapat diberi muatan magnet segera sebelum dibaca. Kombinasi tinta dan bentuk khusus karakter tersebut memudahkan proses membaca oleh komputer. Walau penggunaan MICR telah memungkinkan bank-bank untuk menangani jumlah cek yang terus meningkat, suatu cara baru untuk menangani transaksi keuangan telah menjadi populer pada tahun 1980-an pendekatan tersebut disebut electronic fund transfer (EFT).
Alat input pengenal suara
            Sekarang memasukan perintah atau data ke komputer dapat dilakukan hanya dengan berbicara kedalam mikropo yang dihubungkan pada unit pengenal suara. Unit pengenal suara (spech rcognition unit) menganlisis pola suara dan mengubahnya menjadi bentuk digital untuk di proses.
UNIT OUTPUT
            Hasil akhir dari semua pemrosesan komputer berbentuk output. beberapa pilihan dasar antara lain :
1.      Tampilan
2.      Cetakan
3.      Suara
4.      Plotter
5.      Microform
6.      Output grafik
PERAN ALAT INPUT DAN OUTPUT DALAM PEMECAHAN MASALAH
Semua alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung maupun tidak langsung.
PERANGKAT LUNAK
Komputer diarahkan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu dengan mengikuti instruksi-instruksi dalam program. Program tersebut harus berada didalam penyimpanan primer sebelum CPU dapat melaksanakannya. Perangkat lunak komputer dapat dikelompokan menjadi perangkat lunak sistem atau perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak sistem
Perangkat lunak sistem melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang di perlukan semua pemakai suatu komputer. Tugas-tugas ini berhubungan dengan perangkat keras, dan bukan aplikasi yang dilaksanakan perusahaan. Komputer modern tidak mungkin digunakan tanpa perangkat lunak sistem. Perangkat lunak sistem biasanya disiapkan oleh pembuat perangkat keras (pemasok perangkat keras) atau oleh perusahaan yang mengkhususkan diri dalam membuat perangkat lunak (pemasok perangkat lunak). Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem
1.      Sistem operasi
2.      Penerjemah bahasa komputer
3.      Program utility
Penerjemah bahasa
            Perangkat keras komputer telah berkembang melalui beberapa generasi. Pada generasi pertama sirkuit elektroniknya merupakan tabung hampa (vacum tube). Generasi kedua dan ketiga menggunakan intergrated circuit. Setelah titik itu, generasi-generasi berikutnya kurang terlihat bedanya, dan ilmuwan komputer kehilangan minat melacak evolusi komputer. Namun perangkat lunak berbeda. Perangkat lunak juga dapat dikategorikan dalam generasi-generasi dan ktegorinya maish terus di buat.
Perangkat lunak aplikasi
Perangkat lunak aplikasi membantu pengelolaan sumber daya fisik dan konseptual perusahaan. Hal ini ditempuh dalam dua cara yaitu membuat program sendiri atau membeli paket jadi.
PERAN PERANGKAT LUNAK DALAM MEMECAHKAN MASALAH
Sebagian perangkat lunak aplikasi peningkatan produktivitas organisasi dan perorangan hanya berpengaruh tidak langsung pada pemecahan masalah dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data. Namun perangkat lunak produktivitas lain seperti spreadsheet elektronik, paket analisis statistik dan perkiraan serta manajemen proyek memberikan dukungan langsung.
MENCAPAI KEMUDAHAN BAGI PEMAKAI DALAM PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak yang dimaksud untuk end-user computing harus semudah mungkin di pelajari dan digunakan atau user friendly. Untuk mencapai kemungkinan bagi pemakai perancang perangkat lunak menggunakan berbagai peralatan dan teknik dalam beragam lingkungan perangkat keras. Dalam lingkungan mainframe dan komputer mini, dialog terpandu (guided dialogue) dan penjelasan sesuai konteks (contexs sensitive help) memudahkan penggunaan. Dalam lingkungan komputer mikro, interface grafis bagi pemakai (graphical user interface) telah muncul sebagai standar tidak resmi.
Dialog terpandu
Saat pemakai berinteraksi dengan suatu program aplikasi, informasi tertentu perlu dimasukkan. Daripada mengharuskan pemakai menghafal entry routine, program menentukan bagi pemakai informasi apa yang harus dimasukkan, dimana memasukkannya, dan kapan memasukkannya. Pertukaran antara pemakai dan komputer disebut dialog terpadu. Untuk mencapai dialog terpandu dapat digunakan tiga tekhnik yaitu :
1.      Menu
2.      Teknik tanya jawab
3.      Teknik pengisian formulir.
Penjelasan Sesuai Konteks
Jika seorang pemakai menemui kesulitan atau tidak yakin pada pilihan yang ada saat menggunakan perangkat lunak, pemakai dapat meminta suatu tampilan yang menjelaskan bagaimana mengatasi kesulitan itu atau menunjukan pilihan yang sah. Tampila itu disebut help screen/help message.dan merupakan penjelasan sesuai konteks (contexs sensitive help) karena hanya menggunakan masalah yang sedaang dihadapi.
Interface Grafis bagi Pemakai
            Dalam penelitian yang dilakukan tahun 1970-an di Xerox Palo Alto Reseach Center, ditemukan bahwa penggunaan icon atau gambar grafik untuk mewakili file-file data atau pilihan pemrosesan memudahkan pengajaran komputer bagi pemula. Kemampuan perangkat lunak untuk berkomunikasi dengan pemakai melalui grafik disebut Interface Grafis bagi Pemakai (graphical user interface).
MEMINIMUMKAN KESALAHAN OUTPUT
            Bahkan dengan semua tekhnik yang telah dikembangkan untuk membantu pemakai memasukan data, kesalahan masih mungkin terjadi. Menyadari fakta ini, perangkat lunak dirancang untuk mengurangi peluang kesalahan dengan menyediakan pencegahan, pendeteksian dan perbaikan atas kesalahan.
Pencegahan Kesalahan
Layar input dapat dirancang sehingga data tertentu yang ditampilkan tidak dapat diubah tanpa sengaja oleh pemakai. Pemakai tidak dapat menggerakan cursor ke field data yang memiliki format terproteksi (protected format). Teknik pencegahan kesalahan yang lain adalah pemakai dapat membatalkan perintahnya dengan menekan tombol tertentu seperti tombol ‘escape’.
Pendeteksi kesalahan
Saat terbaik untuk mendeteksi kesalahan adalah saat data sedang dimasukkan, sebelum data itu berkesempatan mempengaruhi sistem. Untuk mencapai tujuan ini, sebagian besar perangkat lunak aplikasi menyertakan edit routine yang mendeteksi pemasukan jenis data yang salah.
Perbaikan kesalahan
Sebagian besar perangkat lunak menyediakan kemampuan edit isi record data dengan memungkinkan pemakai untuk menggerakan cursor ke field yang salah dan mentik kembali semua atau sebagian entry.


Komentar