BAB 9
DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
PENDAHULUAN
Walau komputer sekarang sangat berbeda
dengan model awalnya, semua nkomputer mencerminkan arsitektur dasar yang sama.
Diagram yang menggambarkan arsitektur ini disebut skema komputer (computer schematic). Penyimpanan
komputer (computer storage) ada dalam
dua bentuk dasar, primer dan sekunder. Penyimpanan primer menggunakan teknologi
intergrate circuit untuk menyediakan random acces memory (RAM), read only memory (ROM) dan cache memory. Keyboard adalah unit input komputer yang paling populer dan
efisiennya telah di tingkatkan dengan alat penunjuk (pointing device). Namun mkontribusi yang lebih besar untuk
mengurangi antrian input telah dibuat
dengan otomatisasi data sumber. Input suara
(voice input) yang sebelumnya
dipandang sebagai solusi potensial atas masalah input, ternyata tidak sesuai harapan. Para pemakai menyukai output
yang ditampilkan, tetapi dokumen tercetak dapat di buat oleh beragam printer dan plotter. Output yang lebih khusus tersedia dalam bentuk respon
audio dan microform. Perangkat lunak
dapat dibagai menjadi dua kategori utama, sistem dan aplikasi. Perangkat lunak
sistem meliputi sistem operasi, program utility
dan penerjemahan. Perangkat lunak aplikasi dapat dibuat oleh spesialis informasi
perusahaan atau dibeli dalam bentuk jadi dari pemasok perangkat lunak.
Perangkat lunak jadi (prewritten
software) ada dalam empat jenis utama bisnis umum, khusus industri,
produktivitas organisasional dan produktivitas personal. Satu alasan
kepopuleran end-user computing adalah banyak perangkat lunak
aplikasi yang memudahkan pemakai (user
friendly). Kemudahan bagi pemakai ini dicapai melalui teknik-teknik seperti
dialog terpadandu (guided dialogue)
penejlasan sesuai konteks (context
sensitive help) dan interface grafis bagi pemakai (graphical user interface). Akurasi
pemrosesan komputer sangat tergantung pada kualitas data input kesalahan input
dapat dikurangi tetapi tidak dapat dihilangkan seluruhnya dengan menyatukan
pencegahan, pendeteksian, dan perbaikan kesalahan kedalam rancxangan sistem.
KOMPUTER
SEBAGAI ELEMEN DALAM SISTEM INFORMASI.
Komputer ada dalam berbagai ukuran.
Komputer besar di sebut mainframe dan
telah ada sejak awal. Mainframe adalah
tulang punggung pengolahan data di organisasi besar seperti pemerintahan dan
perusahaan-perusahaan fortune 500. Mainframe yang lebih besar dan penuh
daya adalah supercomputer. Supercomputer begitu penuh daya sehingga
hanya berada di organisasi-organisasi paling besar dan terutama digunakan untuk
perhitungan ilmiah. Namun trend akhir-akhir iini mengarah ke komputer yang
lebvih kecil yaitu komputer mini (minicomputer)
atau mini. Komputer ini lebih kecil dari mainframe
tetapi dalam banyak hal melampaui kinerja unit yang lebih besar. Contohnya minicomputer yang baik adalah IBM
AS/400. Mini diterima begitu baik sehingga pembuat komputer memproduksi
rancangan yang lebih kecil yang disebut komputer mikro (mikcrocomputer) atau mikro. Sebagian besar sirkuit utama kompuiter
mikro berbentuk silicon intergrated
circuit chip, yang lebih kecil dari
kuku. Chip ini disebut microprocessor. Small business computer dan
komputer personal –PC. Small business
computer adalah komputer mini atau mikro multiuser yang biasa terdapat di perusahaan kecil, yang memberikan
dukungan perhitungan bagi seluruh perusahaan. Komputer personal (PC) adalah
mikro yang digunakan oleh satu orang atau mungkin sedikit orang yang bekerja
pada area yang sama. Kemudian ada pula komputer laptop, notebook dan palmtop.
Ini merupakan PC yang lebih kecil yang bertenaga baterai. Berat laptop sekitar empat kilogram dan notebook sekitar dua hingga tida
kilogram. Palmtop bahkan lebih ringan
yang terberat sekitar 1,5 kilogram. Komputer yang lebih kecil lagi adalah pen computer yang dinamai demikian
karena kemampuannya menerima input yang
ditulis pada layarnya dengan pena khusus.
ARSITEKTUR
KOMPUTER
Unit yang paling penting adalah central procesing unit (CPU) yang
mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain dan mengubah input menjadi output. CPU mencakup satu unit penyimpanan yang disebut penyimpanan
primer (primary storage) biasanya
disebut main memory. Primary storage
berisi data yang sedang di olah dan program yaitu suatu daftar instruksi yang
mengolah data. Istilah perangkat lunak (software) digunakan untuk menggambarkan
satu atau beberapa. Unit pengendali (control
unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem dan aritmethic and logic unit (ALU) adalah
tempat berlangsungnya operasi perhitungan dan logika. Nama processor digunakan untuk
menggambarkan control unit dan ALU yang mengolah isi penyimpanan primer.
Satu atau beberapa unit input memasukan data kedalam penyimpanan primer. Karena
penyimpanan primer terbatas kapasitasnya, di perlukan suatu area penyimpanan
tambahan, yang disebut penyimpanan sekunder. Penyimpanan sekunder (secondary storage) menyediakan tempat
untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan. Program yang disimpan
disebut koleksi perangkat lunak (software
library) dan data yang di simpan disebut
database. Hasil pengolahan tersebut dicatat oleh unit output.
PENYIMPANAN
PRIMER
Komputer pertama menggunakan magnetic drum dan magnetic core untuk penyimpanan primer. Core ini merupakan potongan-potongan material program kecil
berbentuk donat seukuran kepala jarum yang mudah di magnet. Kawat-kawat yang
membentang melalui core mengubah
medan magnet dan menentukan status magnetnya. Sejak tahun 1964 penyimpanan yang
terbuat dari intergrated circuit
mulai menggantikan drum dan core.
Bit dan Byte
Istilah kilobyte atau KB digunakan untuk
menggambarkan 1000 byte. Sebenarnya karena cara pembuatan intergrated circuit satu
kilobyte adalaha 1.024 byte. Demikian pula satu megabyte atau MB bukanlah 1
juta byte tetapi 1.024 kali 1.024 atau 1.048.576 byte.
Berbagai bentuk
penyimpanan primer
Beberapa
bentuk penyimpanan primer antara lain sebagai berikut :
1. Random
Acces Memory (RAM)
2.
Read Only Memory (ROM)
3. Cache
Memory
EROGONIKA
PENGGUNAAN KOMPUTER
Ergomonika adalah penelitian mengenai
pengaruh fisik dan perilaku dari objek-objek seperti komputer dan peralatan
kantor terhadap pemakainnya. Istilah human
engineering dan pertimbangan faktor manusia (human factor consideration) sangat cocok jika berkaitan dengan
penggunaan komputer. Ergonomika dapat mempengaruhi setiap orang yang bekerja
dengan komputer dalam kapasitas apapun, tetapi perhatian utama fokus pada
orang-orang yang menggunakan peralatan input
dan output.
UNIT
INPUT
Keyboard
Unit input yang paling populer adalah
keyboard dari suatu terminal atau komputer mikro. Keyboard memungkinkan anda
memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat. Miri mesin tik,
sebagian besar keyboard komputer di lengkapi sejumlah tombol tambahan.
Alat Penunjuk
Banyak perangkat lunak modern yang
dirancang untuk memanfaatkan alat penunjuk (pointing
device) alat sebagai ini meliputi :
1.
Mouse
2. Trackball
3. Touch system
4. Light pen
5.
Remote
control
Alat input otomatis
data sumber
Walau inpu komputer dapat
dilaksanakan cukup cepat oleh operator berpengalaman dengan menggunakan
keyboard dan alat penunjuk, kecepatannya lebih lambat daripada kecepatan
komputer. Kecepatan input manusia di ukur dalam jumlah karakter perdetik atau
kata permenit, sementara kecepatan pemrosesan internal komputer diukur dalam
jutaan instruksi perdetik (million of
instruction per second-MIPS). Terdapat dua teknologi dasar yaitu :
1. Alat
pembaca optis : alat input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar
terang diatas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada suatu
matriks sel-sel photoelectric. Pendekatan
input komputer ini disebut OCR (optical
character recognition)
2. Alat
pembaca magnetis : bentuk otomatisasi data pertama yang berhasil adalah magnetic ink charaacter recognition
(MICR) yang di perkenalkan pada akhir 1950-an oleh Amerika Banking Association.
ABA memerintahkan agarkrakter-karakter khusus dicetak di bagian bawah dengan
menggunakan tinta khusus. Tinta khusus tersebut berisi zat yang dapat diberi
muatan magnet segera sebelum dibaca. Kombinasi tinta dan bentuk khusus karakter
tersebut memudahkan proses membaca oleh komputer. Walau penggunaan MICR telah
memungkinkan bank-bank untuk menangani jumlah cek yang terus meningkat, suatu
cara baru untuk menangani transaksi keuangan telah menjadi populer pada tahun
1980-an pendekatan tersebut disebut electronic
fund transfer (EFT).
Alat input pengenal
suara
Sekarang memasukan perintah atau
data ke komputer dapat dilakukan hanya dengan berbicara kedalam mikropo yang
dihubungkan pada unit pengenal suara. Unit pengenal suara (spech rcognition unit) menganlisis pola suara dan mengubahnya
menjadi bentuk digital untuk di proses.
UNIT
OUTPUT
Hasil akhir dari semua pemrosesan
komputer berbentuk output. beberapa
pilihan dasar antara lain :
1. Tampilan
2.
Cetakan
3.
Suara
4.
Plotter
5.
Microform
6. Output
grafik
PERAN
ALAT INPUT DAN OUTPUT DALAM PEMECAHAN MASALAH
Semua alat input dan output dapat
berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung maupun tidak
langsung.
PERANGKAT
LUNAK
Komputer diarahkan untuk menyelesaikan
suatu tugas tertentu dengan mengikuti instruksi-instruksi dalam program.
Program tersebut harus berada didalam penyimpanan primer sebelum CPU dapat
melaksanakannya. Perangkat lunak komputer dapat dikelompokan menjadi perangkat
lunak sistem atau perangkat lunak aplikasi.
Perangkat lunak sistem
Perangkat lunak sistem melaksanakan
tugas-tugas dasar tertentu yang di perlukan semua pemakai suatu komputer.
Tugas-tugas ini berhubungan dengan perangkat keras, dan bukan aplikasi yang
dilaksanakan perusahaan. Komputer modern tidak mungkin digunakan tanpa
perangkat lunak sistem. Perangkat lunak sistem biasanya disiapkan oleh pembuat
perangkat keras (pemasok perangkat keras) atau oleh perusahaan yang
mengkhususkan diri dalam membuat perangkat lunak (pemasok perangkat lunak). Ada
tiga jenis dasar perangkat lunak sistem
1. Sistem
operasi
2.
Penerjemah bahasa komputer
3. Program
utility
Penerjemah bahasa
Perangkat keras komputer telah
berkembang melalui beberapa generasi. Pada generasi pertama sirkuit
elektroniknya merupakan tabung hampa (vacum
tube). Generasi kedua dan ketiga menggunakan intergrated circuit. Setelah titik itu, generasi-generasi
berikutnya kurang terlihat bedanya, dan ilmuwan komputer kehilangan minat
melacak evolusi komputer. Namun perangkat lunak berbeda. Perangkat lunak juga
dapat dikategorikan dalam generasi-generasi dan ktegorinya maish terus di buat.
Perangkat lunak
aplikasi
Perangkat lunak aplikasi membantu
pengelolaan sumber daya fisik dan konseptual perusahaan. Hal ini ditempuh dalam
dua cara yaitu membuat program sendiri atau membeli paket jadi.
PERAN
PERANGKAT LUNAK DALAM MEMECAHKAN MASALAH
Sebagian
perangkat lunak aplikasi peningkatan produktivitas organisasi dan perorangan
hanya berpengaruh tidak langsung pada pemecahan masalah dengan menyederhanakan
penciptaan dan transmisi data. Namun perangkat lunak produktivitas lain seperti
spreadsheet elektronik, paket
analisis statistik dan perkiraan serta manajemen proyek memberikan dukungan
langsung.
MENCAPAI
KEMUDAHAN BAGI PEMAKAI DALAM PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak yang dimaksud untuk end-user computing harus semudah mungkin
di pelajari dan digunakan atau user
friendly. Untuk mencapai kemungkinan bagi pemakai perancang perangkat lunak
menggunakan berbagai peralatan dan teknik dalam beragam lingkungan perangkat
keras. Dalam lingkungan mainframe dan
komputer mini, dialog terpandu (guided
dialogue) dan penjelasan sesuai konteks (contexs sensitive help) memudahkan penggunaan. Dalam lingkungan
komputer mikro, interface grafis bagi
pemakai (graphical user interface) telah
muncul sebagai standar tidak resmi.
Dialog terpandu
Saat pemakai berinteraksi dengan suatu
program aplikasi, informasi tertentu perlu dimasukkan. Daripada mengharuskan
pemakai menghafal entry routine,
program menentukan bagi pemakai informasi apa yang harus dimasukkan, dimana
memasukkannya, dan kapan memasukkannya. Pertukaran antara pemakai dan komputer
disebut dialog terpadu. Untuk mencapai dialog terpandu dapat digunakan tiga
tekhnik yaitu :
1. Menu
2. Teknik
tanya jawab
3. Teknik
pengisian formulir.
Penjelasan Sesuai
Konteks
Jika seorang pemakai menemui kesulitan
atau tidak yakin pada pilihan yang ada saat menggunakan perangkat lunak,
pemakai dapat meminta suatu tampilan yang menjelaskan bagaimana mengatasi
kesulitan itu atau menunjukan pilihan yang sah. Tampila itu disebut help screen/help message.dan merupakan
penjelasan sesuai konteks (contexs
sensitive help) karena hanya menggunakan masalah yang sedaang dihadapi.
Interface Grafis bagi Pemakai
Dalam penelitian yang dilakukan
tahun 1970-an di Xerox Palo Alto Reseach Center, ditemukan bahwa penggunaan icon atau gambar grafik untuk mewakili
file-file data atau pilihan pemrosesan memudahkan pengajaran komputer bagi
pemula. Kemampuan perangkat lunak untuk berkomunikasi dengan pemakai melalui
grafik disebut Interface Grafis bagi
Pemakai (graphical user interface).
MEMINIMUMKAN
KESALAHAN OUTPUT
Bahkan dengan semua tekhnik yang
telah dikembangkan untuk membantu pemakai memasukan data, kesalahan masih
mungkin terjadi. Menyadari fakta ini, perangkat lunak dirancang untuk
mengurangi peluang kesalahan dengan menyediakan pencegahan, pendeteksian dan
perbaikan atas kesalahan.
Pencegahan Kesalahan
Layar
input dapat dirancang sehingga data tertentu yang ditampilkan tidak dapat
diubah tanpa sengaja oleh pemakai. Pemakai tidak dapat menggerakan cursor ke field data yang memiliki format terproteksi (protected format). Teknik pencegahan kesalahan yang lain adalah
pemakai dapat membatalkan perintahnya dengan menekan tombol tertentu seperti
tombol ‘escape’.
Pendeteksi kesalahan
Saat
terbaik untuk mendeteksi kesalahan adalah saat data sedang dimasukkan, sebelum
data itu berkesempatan mempengaruhi sistem. Untuk mencapai tujuan ini, sebagian
besar perangkat lunak aplikasi menyertakan edit
routine yang mendeteksi pemasukan jenis data yang salah.
Perbaikan kesalahan
Sebagian
besar perangkat lunak menyediakan kemampuan edit isi record data dengan memungkinkan pemakai untuk menggerakan cursor ke field yang salah dan mentik kembali semua atau sebagian entry.
Komentar
Posting Komentar